Home Featured Bahtera Laju ke Utara
0

Bahtera Laju ke Utara

63
0

Kapal Motor (KM) Tidar melaju tanpa henti di laut yang bergelombang. Dari Surabaya, ia mengarungi Laut Jawa dan Selat Makassar untuk berlabuh di Makassar, Pare-Pare, Balikpapan, Tarakan, hingga Nunukan. Dan begitu sebaliknya.

Jika Anda muslim, tak perlu khawatir ihwal waktu salat. Azan selalu berkumandang di atas laut. Pun jika Anda merasa bosan di kamar-kamar penumpang, di sini tersedia sebuah kedai yang buka 24 jam. Di atas kapal ini pula Anda akan menemukan macam-macam bahasa dan logat dari para penumpang.

Kapal yang diresmikan pada 1988 oleh Menteri Perhubungan Indonesia, Azwar Anas, ini memiliki jarak tempuh yang cukup panjang. Rata-rata, dari Surabaya ke Nunukan, memakan waktu sekitar 4 hari 4 malam. Adapun untuk mencapai tiap pelabuhannya, biasanya, memerlukan waktu selama satu hari.

Untuk tarif tiket, harganya bervariasi.Dari Rp. 1.860.000 untuk kelas satu hingga Rp. 470 ribu untuk kelas ekonomi. Pelayanan di atas kapal ini ditentukan dari besarnya uang yang Anda keluarkan. Untuk eksekutif, waktu santap Anda akan ditemani dengan musik live yang dimainkan oleh sebuah grup band kapal. Pelayan akan menuangkan air minum untuk Anda. Sedangkan pada ekonomi, makanan dijatah per kotak dengan isi seperti gambar di bawah. Perbedaan tajam antar kelas juga tampak pada senyum petugas, yang berbanding lurus dengan kondisi tempat tidur.

 

Naskah: Arif Budiman
Foto-foto: Redaksi LenteraTimur.com

(63)

Redaksi Redaksi LenteraTimur.com

Comments with Facebook

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *