Home Lentera Timur Channel Indonesia Terbangun dari Kekerasan
0

Indonesia Terbangun dari Kekerasan

5
0

Foto-foto pahlawan yang tertempel di dinding-dinding banyak bangunan di Indonesia menunjukkan bahwa negeri ini dibangun atas dasar kekerasan. Oleh karena itu, Buton yang tak memiliki tradisi kekerasan pun lenyap dari sejarah Indonesia.

La Ode Saleh Hanan, pemuda dari Buton, mengungkapkan bahwa dahulu Buton memiliki undang-undang dasar yang memuat perihal nilai rasa, yakni pemahaman untuk tak saling menyakiti. Dengan kearifan ini, Buton tak berperang dengan Belanda. Dan karenanya, Buton tak termuat dalam catatan sejarah Indonesia.

La Ode Saleh Hanan. Foto: Redaksi.

Perspektif kekerasan juga menjadi latarbelakang diberikannya status istimewa atau khusus kepada sejumlah daerah. Siapa yang paling keras, kata Saleh Hanan, maka ia diberi status istimewa. Sedangkan daerah yang lugu, tak punya tradisi kekerasan, dibiarkan begitu saja. Karena itu, ia mengatakan bahwa bangsa-bangsa yang ada di Indonesia ini haruslah tersinggung seluruhnya ketika beberapa daerah dilabelkan diistimewakan.

Saleh Hanan mengungkapkan perspektif Buton tentang keindonesiaan dalam Dialog Pemuda Nasional bertajuk “Menyoal Identitas Kebudayaan Indonesia’, 20 Mei 2010, di Gedung Joang, Jalan Menteng 31, Jakarta Pusat. Selain Saleh Hanan, hadir juga pemuda dari Aceh, Siak, Sunda, Jawa, Bali, Bugis, Ternate, Papua, dan Kalimantan Barat.

(5)

Redaksi Redaksi LenteraTimur.com

Comments with Facebook

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *