Home Lentera Timur Channel Bali dan Perjumpaannya Dengan Indonesia
0

Bali dan Perjumpaannya Dengan Indonesia

11
0

Saras Dewi, seorang Bali yang menjadi dosen filsafat di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, dan Universitas Hindu, Denpasar, Bali, memaparkan perspektifnya dalam Dialog Pemuda Nasional bertajuk “Menyoal Identitas Kebudayaan Indonesia”. Ia menjadi pembicara terakhir dari sesi pertama.

Dalam acara yang digelar pada 20 Mei 2010, di Gedung Joang 45, Jalan Menteng 31, Jakarta Pusat, itu, Saras mengutip Amartya Sen bahwa identitas bagi seseorang bisa berarti segalanya. Identitas menjadi sumber inspirasi kehidupan. Orang rela mati demi identitasnya.

Dari sanalah Saras memandang konsep ‘puputan’ yang bermakna ‘habis-habisan’ atau ‘berjuang sampai titik darah penghabisan’ yang digunakan I Gusti Ketut Jelantik untuk memukul mundur penjajah sebagai cikal bakal identitas nasionalisme Indonesia di Bali. Kala itu, konsep puputan bukan lagi digunakan untuk membela daerah, melainkan untuk mengikat raja-raja Bali yang tadinya saling berperang. Pada titik ini, Saras berharap bahwa kearifan lokal dapat kembali diserap untuk menjadi amunisi nasionalisme Indonesia.

Saras Dewi. Foto: Redaksi.

Saras pun mengulas pentingnya kesinambungan antara Indonesia sebagai pemegang hukum positif dengan Bali sebagai pemegang hukum adat. Ia turut mengungkapkan koreksinya mengenai sistem kasta di Bali yang sesungguhnya merupakan warisan Belanda. Menurutnya itu patut ditinggalkan. Selain itu, ia juga mengingatkan urgensi pemenuhan hak dasar perempuan Bali karena perempuan dipandangnya sebagai komponen penting dalam upaya melanggengkan adat.

Di ujung paparannya, Saras menyayangkan kegamangan beberapa pihak dalam menentukan identitas seorang Bali dalam keindonesiaan. Krisis identitas ini menurutnya muncul pada fenomena ‘ajeg Bali’, yang seringkali menjadi alasan di balik tujuan separatisme.

(11)

Redaksi Redaksi LenteraTimur.com

Comments with Facebook

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *